January 16, 2009

6. Bagaimana cara memilih?

Cara memilih pada Pemilu 2009 berbeda dengan Pemilu-pemilu sebelumnya yang menggunakan alat pencoblos. Cara memilih Pemilu kali ini adalah dengan membubuhkan tanda (√) di dalam salah satu kolom pada kertas suara. Tata cara memilih selengkapnya dapat dilihat pada halaman PPLN Roma di sini.

PPLN Roma akan membuka 1 (satu) TPS di Roma. PPLN Roma akan mengirimkan surat suara melalui pos bagi WNI yang tidak dapat memilih langsung di TPS. Rincian pengaturan pemberian suara dan pengiriman surat suara melalui pos akan diumumkan kemudian menunggu ketentuan dari KPU.

Sebagaimana dalam Pemilu-pemilu sebelumnya, pada umumnya WNI yang tinggal di Roma dan sekitarnya akan menggunakan hak pilihnya untuk datang langsung ke TPS. Demikian pula, WNI yang berdomisili di luar Roma atau di wilayah akreditasi KBRI Roma lainnya yaitu Malta dan Cyprus, umumnya akan memilih dengan mengirimkan surat suara melalui pos. Namun demikian, terdapat kemungkinan yang berbeda yaitu mereka yang tinggal di Roma berhalangan hadir atau sedang melakukan perjalanan ke luar kota pada hari pemilihan, sebaliknya mereka yang justru tinggal di luar Roma berkeinginan untuk memilih langsung ke TPS. Untuk pengaturan agar semua WNI yang tinggal di Italia, Malta dan Cyprus dapat menggunakan hak pilihnya secara baik, PPLN Roma menghimbau agar WNI dapat memberitahukan jauh-jauh hari sebelumnya kepada PPLN Roma kemungkinan-kemungkinan seperti di atas.



 

blogger templates | Make Money Online